4 Mitos Tentang Teknologi yang Sering Dikira Benar, Padahal Salah

Teknologi diciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia. Dan saat ini, perkembangan teknologi pun sudah semakin pesat dan maju. Bahkan, benda-benda yang sudah sangat familiar dalam kehidupan sehari-hari saat ini dibuat makin canggih berkat kemajuan teknologi, seperti peralatan rumah tangga, komputer, laptop, smartphone, dan sebagainya.

Menariknya, teknologi rupanya tak lepas dari mitos. Hal ini bisa dibuktikan dari keberadaan beberapa mitos tentang teknologi yang beredar di masyarakat. Dan seperti mitos pada umumnya, hal-hal yang menjadi mitos tersebut sebenarnya adalah sesuatu yang salah tapi dianggap benar, atau sesuatu yang dulunya memang benar, tapi sekarang sudah tak lagi relevan seiring dengan perkembangan teknologi. Sayangnya, beberapa mitos tersebut masih dipercaya sampai sekarang. Walaupun tak semuanya membahayakan atau merugikan, namun tetap saja kekeliruan tersebut sudah tidak semestinya diyakini lagi sebagai sesuatu yang benar.  Lantas, apa saja mitos tentang teknologi yang masih beredar di masyarakat sampai sekarang? Simak ulasannya berikut ini! Kira-kira, apakah hal yang Anda ketahui tentang teknologi ternyata juga bagian dari mitos ini?
Ilustrasi

1. Isi Ulang Baterai Smartphone Semalaman Bisa Merusak

Hal yang satu ini barangkali masih sering Anda dengar sampai sekarang. Rupanya, ini adalah mitos, alias tidak benar! Walaupun untuk smartphone zaman dulu tidak dianjurkan untuk diisi ulang daya baterainya semalaman karena memang bisa merusak komponen baterai tersebut, smartphone zaman sekarang sudah makin canggih dan cerdas. Nah, kemajuan teknologi untuk smartphone juga diterapkan dalam komponen baterai. Sebab, ada komponen di dalamnya yang akan secara otomatis menghentikan proses pengisian daya begitu kapasitas baterai terisi kembali jadi 100% walaupun kabel masih terpasang dan tertancap di steker listrik. Meski begitu, komponen baterai smartphone tetap memiliki siklus pemakaian. Apabila masa pemakaiannya makin lama, dayanya pun jadi semakin berkurang, seperti halnya dengan baterai pada umumnya.

2. Sinar X di Bandara Bisa Menghapus File yang Tersimpan di Gadget

Ketika Anda memasuki ruang tunggu sebelum boarding, Anda harus menjalani pemeriksaan dengan sinar X (X ray) terlebih dahulu. Pemeriksaan tersebut pun dilakukan pada barang bawaan Anda. Konon, sinar X tersebut bisa menghapus file yang ada di dalam perangkat Anda, seperti laptop atau smartphone. Hal ini sebenarnya adalah mitos, lho! Walaupun sinar X memang adalah salah satu energi elektromagnetik, hard drive dan memory card perangkat Anda tidak akan terpengaruh sama sekali oleh sinar X. Sebab, Sinar X tidak memiliki muatan magnetis dan tak satupun komponen atau bagian dari laptop maupun smartphone yang sensitif terhadap sinar tersebut.

3. Resolusi Kamera yang Lebih Tinggi Berarti Kualitas Gambar Lebih Baik

Salah satu hal yang diyakini benar di masyarakat – dan ditekankan oleh iklan-iklan yang dirilis – adalah bahwa kamera dengan resolusi atau megapiksel (MP) lebih besar berarti bisa menghasilkan gambar yang lebih baik. Walaupun megapiksel yang makin tinggi mempermudah masuknya lebih banyak cahaya ke dalam sensor kamera untuk memproduksi foto dengan warna lebih banyak, hal ini sebenarnya tidak lantas berarti kualitas gambar yang lebih baik. Soalnya, ada banyak faktor yang menentukan kualitas foto yang dihasilkan, dan salah satunya adalah sensor kamera.

4. Komputer Mac Tidak Mempan Serangan Virus

Kalau Anda rajin mengikuti perkembangan teknologi, Anda barangkali sudah tahu kalau hal ini adalah mitos. Tapi, untuk orang awam, banyak yang masih beranggapan kalau komputer keluaran Apple ini tidak akan pernah terserang virus. Mitos tentang teknologi yang satu ini rupanya sudah berumur cukup lama, lho! Yaitu sejak masa ketika komputer Mac masih terbilang baru di pasaran sehingga belum memiliki banyak pengguna. Karena komputer Windows masih mendominasi pasar, maka tak heran jika banyak virus yang menyasar perangkat dengan sistem pengoperasian ini. Tapi, seiring dengan berlalunya waktu dan perkembangan zaman, banyak yang menyasar komputer Mac juga, kok!


Belum ada Komentar untuk "4 Mitos Tentang Teknologi yang Sering Dikira Benar, Padahal Salah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel