Google Siap Luncurkan Fuchsia OS, Calon Pengganti Android

Google sebagai salah satu perusahaan teknologi raksasa terus berupaya melakukan pembaruan untuk berbagai teknologi mereka yang ada saat ini, termasuk di bidang sistem operasi. Meskipun Google baru saja menghadirkan sistem operasi Android Q, mereka telah menyebutkan sudah menyiapkan sistem operasi generasi yang lebih baru lagi. Hal ini diungkapkan oleh Hiroshi Lockheimer, kepala Android sekaligus Google Chrome.

Lockheimer menyebutkan bahwa pihak Google tidak lama lagi akan segera memperkenalkan sistem operasi generasi berikutnya yang dinamai dengan Fuchsia OS. Hal ini disampaikan langsung oleh Lockheimer dalam ajang kumpul developer tahunan Google I/O pada Selasa, 7 Mei 2019 di Mountain View, California, Amerika Serikat.
Google Fuchsia
Google Fuchsia

Dikembangkan di Kernel Zircon

Fuchsia Dikembangkan Dengan Kernel Zircon

Lockheimer menyampaikan bahwa Fuchsia adalah bagian proyek Google untuk AOSP atau Android Open Source Project. Sistem operasi tersebut diketahui dapat dijalankan untuk berbagai macam perangkat. Fuchsia akan dibangun di atas Zircon yang merupakan kernel terbaru milik Google, sebelumnya dinamai dengan Magenta.

Hal ini berbeda dengan Android dan Chrome OS yang dikembangkan dengan kernel Linux. Zircon itu sendiri adalah kernel buatan Google yang dapat menyajikan berbagai fungsi dasar dengan ringan dan cepat. Zircon memiliki beberapa lapisan di sekitar intinya yang menjadi landasan untuk Fuchsia. Lapisan tersebut di antaranya adalah Garnet, Peridot, dan Topaz.

Dapat Digunakan Untuk Banyak Perangkat

Dilansir dari The Verge, pihak Google saat ini sedang melihat bagaimana pandangan baru mengenai sistem operasi Fuchsia. Intinya Fuchsia adalah bagaimana mendorong keadaan terkini dari segi sistem operasi serta bagaimana agar dapat diintegrasikan dengan produk yang lain. Lebih lanjut, inti dari ujicoba Fuchsia juga dilakukan untuk mengetahui apakah sistem operasi ini bisa didesain untuk beroperasi di perangkat smart home devices atau perangkat rumah pintar dan bahkan di perangkat yang telah mendukung teknologi AR (Augmented Reality)

Selain melakukan uji coba untuk mengetahui perangkat yang paling cocok untuk menjalankan sistem operasi Fuchsia, tim Google saat ini juga sedang mengincar bidang IoT (Internet of Things) untuk mengembangkan sistem operasi terbarunya. Menurut informasi, prototype Fuchsia sebenarnya sudah pernah diluncurkan pada tahun 2017 silam tetapi belum banyak pengguna perangkat Android yang mengetahui kehadiran sistem operasi ini.

Selain itu, muncul juga kabar bahwa Google pernah melakukan uji coba sistem operasi ini ke dalam perangkat Pixelbook sekitar 12 bulan terakhir. Google sebelumnya secara resmi telah memperkenalkan sistem operasi terbarunya yang disebut Android Q dalam ajang Google I/O. Google telah menambahkan beberapa fitur baru dan perbaikan bug telah dihadirkan pada Android Q Beta.

Fuchsia Sebagai Android di Masa Mendatang

Android OS dan Chrome OS mungkin selama ini telah menjadi sistem operasi yang paling terkenal dari Google. Fuchsia sebagai sistem operasi ketiga dari Google nampaknya akan menjadi perpaduan antara Android dan Chrome. Saat ini, Fuchsia telah berhasil menarik perhatian banyak orang, khususnya para pengguna Android.

Fuchsia OS secara luas merupakan sistem operasi yang dapat berjalan untuk berbagai perangkat seperti laptop, tablet, smartphone, dan perangkat lainnya yang biasanya menggunakan sistem operasi. Keseluruhan Fuchsia menggunakan dua UI berbeda tetapi saling terhubung yakni Capybara dan Armadillo. Meskipun untuk perangkat mobile maupun desktop, sistem operasi ini masih tetap mengusung desain material khas Google.

Selain itu, salah satu fokus terbesar Fuchsia adalah estetika karena mengusung UI yang jauh lebih menarik. Jadi Fuchsia secara umum adalah upaya dari Google untuk menemukan yang terbaik dari Android dan Chrome OS menjadi satu sistem operasi yang jauh lebih efisien. Jadi bisa dikatakan bahwa Fuchsia OS adalah pengganti Android di masa depan.

Belum ada Komentar untuk "Google Siap Luncurkan Fuchsia OS, Calon Pengganti Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel