Telkomsel Optimalkan Layanan Selama Lebaran di Indonesia Timur

Operator Telkomsel telah memperkirakan adanya lonjakan akses internet di wilayah Maluku, Papua, dan Sulawesi selama bulan Ramadhan. Telkomsel pun berupaya memperkuat jaringan tersebut. Operator seluler yang didominasi dengan warna merah ini memperkirakan adanya peningkatan trafik layanan data sekitar 14% dibandingkan hari biasa. Kenaikannya bahkan diperkirakan mencapai 60% dibandingkan periode Ramadhan tahun sebelumnya.
Telkomsel
Telkomsel
Tingginya pemakaian layanan data di antaranya dipicu oleh pelanggan yang sering mengunggah video dan foto aktivitas mudik dan kunjungan wisata melalui media sosial dan aplikasi instant messenger. Selain itu, pelanggan juga menggunakan layanan data untuk mengakses informasi seperti tempat wisata dan kuliner serta menikmati berbagai layanan hiburan seperti musik, video, dan games.

Telkomsel Telah Menambah BTS dan Kapasitas Sistem IT Layanan

Untuk menghindari akses yang lambat, Operator Telkomsel juga telah menambah kapasitas jaringan ke 12.780 BTS 4G. Telkomsel ikut mengoperasikan 16 mobile BTS yang ada di berbagai area Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan serta menambah kapasitas sistem IT layanan dan meningkatkan kapasitas layanan untuk isi ulang pulsa.

Sejak awal tahun 2019 hingga menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri, Telkomsel di wilayah Indonesia timur sudah menggunakan 2020 New BTS 4G untuk semua pita frekuensi. Kehadiran new BTS 4G ini memastikan para pelanggan dapat menikmati pengalaman menggunakan layanan broadband secara prima dan optimal. Selain itu, pihak Telkomsel juga mengatakan bahwa mereka telah melakukan drive test rutin di berbagai titik yang memiliki tingkat kepadatan trafik komunikasi tertinggi serta di sepanjang jalur darat di sejumlah wilayah yang menjadi arus mudik pelanggan seperti Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, Pare Pare, dan Palangkaraya.

Dalam rangka meningkatkan kenyamanan komunikasi pada periode RAFI 2019, operator Telkomsel telah menyiagakan setidaknya 44.285 BTS di berbagai wilayah Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan termasuk 14.800 BTS 4G untuk mengoptimalkan pemakaian layanan data.

Telkomsel Siapkan Jaringan 4.9 G

Selesainya penataan ulang pita frekuensi 800 serta 900 MHz yang membuat pita frekuensi radio berdampingan, Telkomsel saat ini mengaku lebih fleksibel dan leluasa dalam meningkatkan teknologi seluler yang mereka implementasikan. Selain itu, Telkomsel juga sudah mengembangkan kemampuan teknologi LTE Advanced Pro dan 4.9 G di sejumlah titik di wilayah Indonesia timur, di antaranya adalah daerah sekitar Fave Hotel Banjarmasin dan Pasar Segar Makassar.

Teknologi 4.9 G atau Advanced Pro ini diterapkan oleh Telkomsel dengan memanfaatkan teknologi Massive MIMO yang mampu memberikan kapasitas layanan data besar, customer experience yang konsisten, dan pengguna yang lebih banyak.

Telkomsel Menyediakan Posko Siaga Lebaran

Telkomsel juga akan mengadakan posko layanan di 142 titik (Point Of Interest yang akan mulai beroperasi sejak H-14 sampai dengan H+7 yang mencakup Bandar Udara, Pelabuhan, Dermaga, Terminal Bus, Rumah Sakit, Rest Area, Pasar Tradisional, area padat populasi, alun-alun, mall, waterpark, dan pantai. Selain itu, semua kapal pelayanan existing Telkomsel juga siaga melayani pelanggan seperti 119 Mobile GraPARI, 8 GraPARI Telkomsel Siaga dan juga 891 Outlet Siaga.

Khusus untuk tanggal 5 – 6 Juni mendatang, Telkomsel akan menyiagakan 8 kantor layanan yang beroperasi selama hari Lebaran. Kantor layanan yang dimaksud adalah GraPARI Balikpapan, GraPARI Makassar, GraPARI Mitra Kota Baru, GraPARI Mitra MTC Karebosi, GraPARI Manado Mantos, GraPARI Mall Panakukang, GraPARI Ambon, dan GraPARI Jayapura. Layanan tersebut mulai beroperasi pukul 10.00 sampai pukul 15.00 WITA. Untuk layanan di pusat perbelanjaan, jam operasional menyesuaikan dengan jam operasional mall.

Belum ada Komentar untuk "Telkomsel Optimalkan Layanan Selama Lebaran di Indonesia Timur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel