Wow, 3 Teknologi Baru 2019 Ini Langsung Mencuri Perhatian Dunia Lho!

Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan teknologi menjadi semakin pesat dan canggih. Hal ini pun dibuktikan dengan lahirnya teknologi-teknologi baru, baik itu yang merupakan modifikasi dari teknologi yang sudah ada maupun yang 100% baru dan inovatif. Hal ini bisa diamati dengan lahirnya beberapa teknologi baru 2019 penting, bahkan ketika satu semester saja belum lewat. Bukan hanya lahir dan diperkenalkan kepada dunia, berbagai teknologi baru di tahun 2019 sejauh ini juga sudah mampu mencuri perhatian masyarakat, lho! Nah, apa saja teknologi baru 2019 tersebut? Simak daftar dan ulasnya disini. Selamat membaca!

Daftar Teknologi Baru Tahun 2019 yang Menarik Perhatian

1. Alkohol, tapi tidak bikin hangover

Bagi Anda penggemar minuman beralkohol tentunya sangat paham efek yang disebabkan oleh konsumsi alkohol yang dirasakan keesokan paginya, alias hangover. Nah, sekarang, para ilmuwan telah sukses menciptakan minuman yang mampu memberikan rasa seolah seperti sedang mengkonsumsi minuman beralkohol, tapi tanpa resiko hangover keesokan harinya.

Minuman tersebut bernama Al Carelle, yang punya kandungan molekul sintetis alco synth yang mengaktifkan bagian otak untuk menimbulkan sensasi rasa senang, dan merangsang GABA, yaitu reseptor otak yang membuat seseorang merasakan sensasi mabuk. Penemu minuman ini adalah ilmuwan David Oren dan profesor David Nutt.  Hanya saja, Al carelle masih terbatas hanya di laboratorium saja dan belum akan diproduksi secara massal di pasaran.

2. Teknologi penyembuhan penyakit Alzheimer’s

Sebagai salah satu penyakit yang dikenal tidak memiliki obat dan tak bisa disembuhkan, Alzheimer’s selama ini ditangani hanya dengan terapi untuk memperlambat efeknya saja. Akan tetapi, baru-baru ini terjadi sebuah kemajuan pesat dalam teknologi penyembuhan Alzheimer’s karena beberapa ilmuwan saraf dari Picower Institute milik MIT yang sudah mendapatkan cara untuk menyembuhkan penyakit ini.

Dalam penelitian yang mereka lakukan, tikus percobaan yang jadi objek penelitian dipapari dengan lampu berkedip serta suara ketukan dengan tempo cepat. Rupanya, kombinasi keduanya mampu meningkatkan kemampuan memori yang menurun sebagai dampak dari penyakit Alzheimer’s. Stimulus dari luar ini menginduksi gelombang otak yang mengubah komposisi protein di dalam otak secara positif. Meski begitu, para ilmuwan yang terlibat dalam penelitian tersebut masih belum bisa menemukan seperti apa kombinasi yang pas antara kilatan cahaya serta ketukan suara untuk peningkatan kapasitas otak secara optimal. Selain itu, penelitian ini belum diterapkan pada manusia, sehingga masih butuh perkembangan lebih jauh.

3. Pil kontrasepsi untuk pria.

Kalau selama ini pil kontrasepsi alias pil KB hanya dikonsumsi oleh wanita, rupanya sekarang sudah bisa ditemukan pil KB untuk pria. Hal ini adalah hasil dari sebuah penelitian yang dilakukan para ilmuwan dari University of Washington yang melibatkan 40 orang partisipan yang diberi obat berupa kapsul serta makanan pendamping. Dari semua partisipan yang terlibat, tiga perempat atau 30 orang mendapatkan obat kontrasepsi pria yang dikembangkan para ilmuwan tersebut, yaitu 11-beta-MNDTC. Sementara itu, seperempat sisanya mendapatkan placebo atau obat kosong yang tidak memiliki efek apapun. 

Dalam penelitian tersebut, dihasilkan sebuah obat yang mampu menurunkan kadar hormon yang mendorong produksi sperma. Para partisipan yang mendapatkan obat kontrasepsi tersebut menunjukkan penurunan level hormon yang berpengaruh langsung pada jumlah sperma yang diproduksi. Selain itu, penelitian tersebut tidak menunjukkan adanya efek samping yang signifikan. Meski demikian, terdapat tanda-tanda seperti penurunan libido dan rasa pusing yang timbul. Wah, ketiga teknologi baru 2019 tersebut sangat menarik untuk diikuti, ya!

Belum ada Komentar untuk "Wow, 3 Teknologi Baru 2019 Ini Langsung Mencuri Perhatian Dunia Lho!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel